Belajar Islam

Bahaya Minuman Keras yang Menghancurkan Umat dan Bangsa

Bahaya Minuman Keras yang Menghancurkan Umat dan Bangsa

Rasulullah SAW bersabda:

"Khamr adalah induk dari segala keburukan. Barang siapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari. Jika ia mati sementara dalam tubuhnya terdapat khamr, maka matinya dalam keadaan jahiliyah." (HR. Thabrani)

Nabi SAW dengan tegas menyatakan bahwa khamar adalah “induk dari segala keburukan! Jika engkau meminumnya, bahkan shalatmu yang paling penting tidak akan diterima! Ingatlah! Mati dalam keadaan mengonsumsi khamar adalah mati dalam keadaan jahiliyah, seperti orang yang tidak mengenal Allah dan Rasul-Nya. Itu adalah akhir yang hina dan terkutuk!

(Agung Bramantya)


الحمد لله، نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له. أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله.


Burung terbang menuju sarang,  

Di langit biru awan terang.  

Minum miras hidupnya garang,  

Akhirnya rusak, jiwa pun terpanggang.


Bunga mawar mekar berseri,  

Warnanya indah di pagi hari.  

Minum miras hilang kendali,  

Masa depan suram, hati pun mati.


Nelayan pergi menjaring ikan,  

Berlayar jauh ke lautan.  

Minum miras sumber kerusakan,  

Kehidupan hancur penuh penyesalan.


Saudara  yang dirahmati Allah, marilah kita bertakwa kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, yakni melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Pada kesempatan ini, saya ingin mengingatkan kita semua tentang bahaya minuman keras yang bukan hanya merusak, tapi juga menghancurkan jiwa, raga, keluarga, dan masyarakat!


Minuman keras, yang dalam Islam disebut “khamr”, adalah racun yang perlahan-lahan membunuh umat ini. Kita sebagai umat Muslim tidak bisa bersikap lunak terhadap hal ini! Khamr adalah biang dari segala kemaksiatan dan bencana. Tidak ada manfaat dalam minuman keras, yang ada hanyalah kehancuran!


Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 219:

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: 'Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar daripada manfaatnya...”


Allah SWT dengan jelas mengingatkan bahwa dosa dari khamar jauh lebih besar daripada manfaatnya. Bahkan, jika ada sedikit manfaat, Allah tetap melarangnya karena kerusakan yang ditimbulkannya sangat dahsyat!


Al-Qur'an Surat Al-Ma'idah Ayat 90-91:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)."


Ini peringatan keras dari Allah! Khamar adalah perbuatan setan. Apa yang lebih buruk dari itu? Setan menggunakan khamar untuk merusak umat ini, menanamkan kebencian, merusak hubungan manusia, dan menghancurkan ibadah kita kepada Allah. Kita harus berhenti sekarang! Tidak ada kompromi, jauhi khamar sebelum kita hancur karenanya!


Rasulullah SAW bersabda:

"Khamr adalah induk dari segala keburukan. Barang siapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari. Jika ia mati sementara dalam tubuhnya terdapat khamr, maka matinya dalam keadaan jahiliyah." (HR. Thabrani)


Nabi SAW dengan tegas menyatakan bahwa khamar adalah “induk dari segala keburukan! Jika engkau meminumnya, bahkan shalatmu yang paling penting tidak akan diterima! Ingatlah! Mati dalam keadaan mengonsumsi khamar adalah mati dalam keadaan jahiliyah, seperti orang yang tidak mengenal Allah dan Rasul-Nya. Itu adalah akhir yang hina dan terkutuk!


Sekarang kita masuk dalam konteks negara kita Indonesia, lebih khusus lagi kota kita tercinta Yogyakarta. Minuman keras adalah bencana sosial yang nyata di sini! Berapa banyak keluarga yang hancur, berapa banyak anak-anak yang terlantar, berapa banyak nyawa yang melayang hanya karena khamr?


1. Statistik Kengerian di Indonesia:

   - Korban tewas akibat minuman keras oplosan di Indonesia sudah mencapai ratusan jiwa setiap tahun. Pada tahun 2018 saja, lebih dari 300 orang mati sia-sia karena mengonsumsi miras oplosan. Dan trend kecenderungannya terus meningkat! Mereka mati bukan karena menua atau sakit, bukan karena bencana alam, tetapi karena racun yang mereka masukkan ke tubuh mereka sendiri!

   - Data dari WHO dan Kementerian Kesehatan Indonesia menyebutkan bahwa 1 dari 5 kasus kekerasan dalam rumah tangga dipicu oleh konsumsi alkohol. Ini adalah perbuatan keji yang menghancurkan keluarga, melukai istri, suami, dan anak-anak yang tidak berdosa.


2. Korban Kecelakaan Lalu Lintas:

   - 30% kecelakaan lalu lintas di Indonesia terjadi akibat pengaruh alkohol, artinya 3 dari 10 kasus. Berapa banyak nyawa melayang karena kegilaan minuman keras? Mereka yang seharusnya berada di rumah, bersama keluarga, justru tergeletak di jalan raya, menjadi korban dari kebodohan karena alkohol.


3. Kriminalitas yang Dipicu Alkohol:

   - Di banyak daerah, 40% tindak kekerasan dan kejahatan terjadi di bawah pengaruh alkohol. Minuman keras telah membuat orang kehilangan akal sehat, merampok, memperkosa, dan bahkan membunuh! Tidak ada yang lebih hina dari perilaku manusia yang telah dirasuki setan melalui khamar!


Mengapa Kita Harus Melawan?


Saudara sekalian, tidak ada jalan lain kecuali melawan! Jika kita tidak segera bertindak, minuman keras akan menghancurkan generasi muda kita, mengubur masa depan bangsa kita dalam lumpur kemaksiatan. Jangan biarkan setan menang dengan membuat kita lalai, terlena, dan hancur oleh khamar.


Agama kita, Islam, sudah mengajarkan kita untuk memerangi semua bentuk kemaksiatan, termasuk minuman keras. Ini bukan sekadar larangan kecil, ini adalah perintah Allah! Menjauhi minuman keras adalah bagian dari jihad kita sebagai Muslim. Jangan biarkan racun ini masuk ke dalam masyarakat kita!


Tindakan Nyata di Indonesia:


Pemerintah sudah berusaha, tetapi usaha pemerintah tidak akan cukup jika kita, umat Muslim, tidak bersatu melawan minuman keras ini. Regulasi pembatasan minuman keras sudah ada, tapi peredaran ilegal, terutama miras oplosan, masih merajalela. Bahkan kini seolah miras dilegalkan secara perlahan. Kita harus berdiri bersama, menjaga diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita dari bahaya ini.


Kita harus menjadi benteng pertama dalam keluarga, menjaga anak-anak kita dari bahaya pergaulan yang membawa mereka ke jalan kemaksiatan. Jangan beri ruang untuk alkohol! Di rumah kita, di lingkungan kita, di masyarakat kita!


Saudara yang dirahmati Allah, bahaya minuman keras sudah di depan mata. Khamar adalah racun yang menggerogoti tubuh, jiwa, dan moral umat. Kita harus melawan dengan sekuat tenaga. Jangan biarkan anak-anak kita terjerumus! Jangan biarkan generasi kita rusak oleh racun yang dikemas sebagai kesenangan sesaat!


Marilah kita kembali kepada Allah, menjaga diri kita dari segala bentuk keburukan, termasuk khamar. Jangan tunggu sampai kita atau orang yang kita cintai menjadi korban berikutnya!


Ya Allah, selamatkan kami dari kebinasaan akibat khamar. Jauhkan kami dari segala bentuk kemaksiatan yang menghancurkan diri dan iman kami. Berikan kekuatan kepada kami untuk melawan segala bentuk kejahatan, termasuk minuman keras yang menghancurkan umat ini. Aamiin.


الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين, وعلى آله وصحبه أجمعين

Share Postingan :
Sebelumnya :
Dengarkan Streaming Online

 Radio Wahdah

Dakwah - Pendidikan - Sosial - Kesehatan

Ormas Islam Bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah

Profil


DPD Wahdah Islamiyah Jogja

Jatimulyo
Tr1/400, RT.11/RW.3, Kricak
Kec.Tegalrejo, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta
Email : dpdjogja@wahdah.or.id