Bangkitkan Motivasi Dengan Kajian Ta’limul Muta’allim Yogyakarta

Yogyakarta-“Belajarlah membaca dengan cepat, karenanya akan membuatmu candu terhadap buku. Bacalah buku dengan hati dan carilah teman untuk saling menyemangati,” tutur nasehat Ustadzah Lulu Choriroh, S. Ag kepada peserta yang bertanya.

Kajian kemuslimahan yang berlangsung di Teras Dakwah, DIY, (Ahad, 11/02/2024) ini diadakan oleh Muslimah Wahdah Daerah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Muslimah Wahdah Daerah Bantul. Kajian ini membahas buku Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji dengan mengangkat tema yang bertajuk “Urutan Menuntut Ilmu”. Tak cukup hari ini, pembahasan buku karya Syaikh akan dilanjutkan pada bulan berikutnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 22 peserta yang berasal dari kota Yogyakarta, Bantul, dan Sleman. Beberapa peserta yang hadir merasa bahwa kajian ini dapat memotivasinya untuk terus belajar sebagaimana mereka yang sedang  merantau di Yogyakarta dalam menuntut ilmu.

“Wah, saya itu baru Januari akhir kemarin ke Jogja dan baru-baru ini mencari kajian seperti ini mbak,” jelas Syifa mahasiswi asal Aceh.

Pemateri, Ustadzah Lulu pun menyampaikan cara belajarnya sebelum mengisi kajian ini sebagaimana bahasan buku Ta’limul Muta’allim. “Saya mendengarkan bahasan dari kitab ini minimal dua kali, bahkan lima kali untuk satu babnya. Setelah itu saya membacanya sampai saya benar-benar paham. Bahkan di buku ini, banyak sekali coretan-coretan, tanda tanya bagian mana yang belum dipahami. Begitu pula posisi duduk kita ketika belajar. Tidak ada belajar yang sembari menyender. Menyender itu jika bacaan buku yang santai, seperti sirah,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.